Puluhan Ribu Mahasiswa Ancam Kepung Istana

JAKARTA – Aliansi Mahasiswa dari 30 kampus di Jakarta dan sekitarnya menganggap pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono telah gagal memenuhi janjinya dalam menjalankan program kerja 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu II. Untuk itu, mereka mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menuntut SBY mundur.

“Kami akan mengerahkan sepuluh ribu orang untuk melakukan unjuk rasa menuntut SBY mundur,” kata juru bicara koalisi mahasiswa, Anton Cornelo dalam jumpa pers di Kampus STMIK Jayakarta Salemba, Jakarta, Minggu 10 Januari 2010.

Aksi itu, kata Anton, akan diawali dengan penyebaran selebaran dan panggung rakyat yang akan dilaksanakan pada 11 hingga 21 Januari. Aksi kemudian dilanjutkan dengan aksi di tiap-tiap kampus pada 22 hingga 24 Januari. Sedangkan, “Aksi besar-besaran bersama jaringan kampus akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari,” kata dia.

Anton menambahkan, puncak dari gerakan ini akan dilaksanakan tepat pada habisnya masa program kerja 100 hari kabinet SBY-Boediono pada tanggal 28 Januari. “Aksi pendudukan dan pengepungan gedung DPR dan Istana Negara akan dilaksanakan tepat masa habisnya program kerja 100 hari kabinet SBY-Boediono pada 28 Januari 2010,” kata dia.

Menurut Anton, aksi ini murni berasal dari kampus. Gerakan ini, lanjut dia, tidak memiliki afiliasi pada kepentingan politik tertentu. “Ini bukan pergerakan yang punya kepentingan politik. Ini murni gerakan dari kampus,” kata dia.
Dalam pernyataannya, koalisi ini menyatakan tidak percaya bahwa SBY tidak tahu menahi terhadap kebijakan bailout Bank Century yang telah menghabiskan uang negara sebesar Rp. 6.7 triliun.

“Kami para aktivis pergerakan ini yang menjadi benteng perlawanan rakyat menjadi sangat tidak yakin dan akhirnya 1.000 persen tidak percaya jika SBY tidak tahu menahu tentang hal kebijakan bailout Century,” kata dia.

Koalisi ini berasal dari 30 kampus di Jakarta dan Banten. Kampus-kampus itu diantaranya adalah Universitas Trisakti, Universitas Jayabaya, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Borobudur, Universitas Bung Karno, Universitas sahid, dan lainnya.

Sementara itu, Aliansi Mahasiswa yang berasal dari 30 kampus di Jakarta mengultimatum pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono untuk menyelesaikan skandal Bank Century sebelum program 100 hari masa jabatannya berakhir. Jika tidak, mereka menuntut agar SBY-Boedino segera mundur dari jabatannya.

“SBY telah menjadi presiden yang gagal dan karenanya kami minta dengan hormat untuk mundur atau kami turunkan secara paksa,” kata juru bicara koalisi, Anton Cornelo ketika menggelar jumpa pers di Universitas STEMIK Jayakarta, Salemba, Jakarta, Minggu 10 Januari 2010.

Cornelo mengatakan, koalisi ini tidak percaya bahwa SBY tidak tahu menahu terhadap kebijakan bailout Bank Century yang telah menghabiskan uang negara sebesar Rp 6,7 triliun.

“Kami para aktivis pergerakan ini yang menjadi benteng perlawanan rakyat menjadi sangat tidak yakin dan akhirnya 1.000 persen tidak percaya jika SBY tidak tahu menahu tentang hal kebijakan bailout Century,” kata dia.

Selain itu, dalam pernyataannya, koalisi mahasiswa dari 30 kampus ini menyatakan SBY sebagai sosok pemimpin yang otoriter. Pemerintahan SBY juga dinilai melakukan diskriminasi hukum terhadap rakyat kecil.

“Terpenggalnya keadilan hukum di negeri ini bagi orang kecil, miskin, dan tidak berdaya semakin menjadi trend. Tidak jarang menimbulkar reaksi publik seperti kasus Prita dan Nenek Minah,” kata Cornelo.

Koalisi ini berasal dari 30 kampus di Jakarta dan Banten. Kampus-kampus itu diantaranya adalah Universitas Trisakti, Universitas Jayabaya, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Borobudur, Universitas Bung Karno, Universitas sahid, dan lainnya. (suaramedia.com, 10/01/10)

warmest regards,

bella burhani
[ID YM: viva_rosetti]
https://anabelrosetti.wordpress.com/
Halqoh Online on facebook
Halqoh Online

Taken from: mustofa.web.id

2 Komentar

  1. yah, out of date

    • maksudnyaaa???


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s